Yuk Bersih Bersih Rumah Setelah Banjir Surut

Yuk Bersih Bersih Rumah Setelah Banjir Surut - Musibah banjir kini sudah merata hampir di seluruh Indonesia, apalagi Ibu Kota. Genangan air di permukiman warga kini sudah hampir mencapai ketinggian hingga 200cm.

Setelah dilanda banjir, pastinya pekerjaan yang harus dilakukan selanjutnya adalah membersihkan bekas kotoran yang menempel di rumah dari banjir. Jika anda biarkan lebih lama kotoran menempel di rumah, itu dapat berakibat pada kesehatan anggota keluarga yang ada di rumah.

Langkah Langkah Membersihkan Rumah Setelah Banjir Surut

Gunakan Air Bersih

Sediakan air bersih yang di aliri dengan selang panjang untuk membersihkan lumpur dan air yang menyeruak di bagian sudut rumah. Dengan begitu akan lebih gampang mengusir kotoran yang ada di rumah.

Gunakan Pelindung

Gunakanlah sarung tangan , alas kaki hingga masker ketika sedang membersihkan rumah. Ini berguna untuk menghindari penyakit yang tidak lazim terjangkit karena bencana banjir yang baru saja menyerang.

Menyemprot disinfektan

Disinfektan ini sangat diperlukan dalam membersihkan hunian. Semprotkanlah disinfektan ini ke dinding, lantai, atuapun daerah yang sulit terjangkau seperti kolong atau sela pada meja.

Menjemur Sofa dan Kasur

Pengeringan dengan cahaya matahari merupakan cara yang paling efektif. Dengan cahaya matahari, kuman dan bau yang ada pada sofa dan kasur tersebut dapat mati. Untuk barang yang berukuran kecil seperti pakaian atau handuk, cuci lah dengan cara biasa atau rendam dengan air panas.

Untuk sofa, karpet dan kasur setelah dibersihkan dan di jemur, semprotkan lah dengan cairan disinfektan agar dapat membunuh kuman yang bersarang. Kemudian lakukanlah penjemuran ulang.

Rendam di Air Panas

Peralatan dapur seperti sendok, garpu dan spatula jika ikut terendam banjir, lebih baik merendamnya dalam air panas. Mencuci biasa belum cukup untuk membersihkan kuman yang ada. Rendam dalam air panas ini membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit. Tambahkan juga sabun cuci piring.

Gunakan Spons

Gunakan spons basah untuk mengelap dinding yang terkena kotoran dari banjir. Sebelum lap, gunakanlah sabun cuci piring. Jika cat nya mengelupas, jangan diteruskan. Tunggu hingga dinding tersebut benar benar kering baru kemudian cat kembali.

Komentar